Senin, 12 November 2012

Laporan Akhir 3

                               PERAN, TUGAS SERTA TANGGUNG JAWAB FB SERVICE
                                                              DI IN ROOM DINING
                                                        JW MARRIOTT JAKARTA

                                                                KARYA TULIS

            Diajukan untuk memenuhi Tugas Kurikulum Pendidikan Tinggi dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Kelulusan Tahun
                                                                    2012/2013




                                                                  Disusun Oleh :
                                                     Nama                  :   Muh Yannuar
                                                     NIM                   :   
                                                     Tahun Pelajaran   : 2012/2013


                                                             Akademi Perhotelan
                                         NATIONAL HOTEL SCHOOL JAKARTA


                                     Jl. Tarumanegara No. 37-39 Pisangan Ciputat 15419
                                     Telp : (+62-21) 747-01515 Fax : (+62-21) 712-34190
                                                                  Jakarta Selatan

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

                             PERAN, TUGAS SERTA TANGGUNG JAWAB FB SERVICE
                                                              DI IN ROOM DINING
                                                        JW MARRIOTT JAKARTA

                                                                KARYA TULIS

            Diajukan untuk memenuhi Tugas Kurikulum Pendidikan Tinggi dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Kelulusan Tahun
                                                                    2012/2013




                                                                  Disusun Oleh :
                                                     Nama                  :   Muh Yannuar
                                                     NIM                   :   
                                                     Tahun Pelajaran   : 2012/2013


                                                             Akademi Perhotelan
                                         NATIONAL HOTEL SCHOOL JAKARTA


                                     Jl. Tarumanegara No. 37-39 Pisangan Ciputat 15419
                                     Telp : (+62-21) 747-01515 Fax : (+62-21) 712-34190
                                                                  Jakarta Selatan

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>




..............................................................................................................................................





                                                            KATA PENGANTAR

    Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Atas rahmat dan karuniaNYA yang telah dianugerahkan kepada saya sebagai penulis, sehingga karya tulis ini terselesaikan dengan baik.

job trainiing merupakan salah satu persyaratan mengikuti Ujian Akhir Kelulusan di National Hotel School Jakarta.
    Dalam pembuatan karya tulis ini bukanlah usaha penulis sendiri melaingkan atas bantuan banyak pihak, maka pada kesempatan kali ini izinkanlah penulis mengungkapan rasa terimakasih serta penghargaan kepada :
1. Orang Tua tercinta yang telah memberikan dukungan moral dan spiritual serta materi yang tak terhingga.
2. Bapak A. Jaya Rajasa, SE,MM. sebagai Direktur Akademik National Hotel School Jakarta.
3. Ibu Mayasarie, SeE. Sebagai Manager Operasional National Hotel School Jakarta.
4. .............. Sebagai Training Manager JW Marriott Jakarta.
5. .............. Sebagai In Room Dining Manager  JW Marriott Jakarta.
6. .............. Sebagai Assistant Manager In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
7. .............. Sebagai Supervisor In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
8. .............. Sebagai Captain In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
9. Rekan - rekan Waiter/waitress dan Staff Hotel yang lain yang tidak disebutkan satu persatu namanya namun atas jasa mereka semua, penyusun memperoleh begitu        banyak ilmu dan juga ikut membantu hingga terselesaikannya karya tulis ini.
10. Teman - teman Kampus yang ikut membantu hingga terselesaikannya karya tulis ini.
    Dengan harapan semoga Allah SWT membalas kebaikan orang-orang yang telah membantu saya dalam pembuatan karya tulis ini. Penulis masih menyadari bahwa dalam karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penulis mohon kiranya pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang positif. semoga karya tulis ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan para pembaca pada umumnya.


                                                                                                                              Wassalam,


                                                                                                                                 Penulis
                                                                     i
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
                                                             LEMBAR PENGESAHAN

                Karya tulis ini telah diperiksa dan siap untuk diujikan pada :
 Hari         :
 Tanggal    :

                                                               DOSEN PEMBIMBING
                                                               TEKHNIS DAN MATERI




                                                           Ir. Hj. Nurul Candrasari SE,MM


                    PENGUJI I                                                                              PENGUJI II




                     ................                                                                                ..................


                                                                        Mengetahui,
                                                 Direktur Akademik National Hotel School





                                                               A. Jaya Rajasa SE,MM


                                                                                ii

-------------------------------------------------------------------------------------

Pembatas

-------------------------------------------------------------------------------------

                                                                            BAB I


                                                                  PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


    Pariwisata dan Perhotelan merupakan dua hal yang saling terkait dan merupakan akomodasi yang memberikan pelayanan berupa kenyamanan dan ketenangan sehingga tamu merasa mendapatkan pengalaman lebih dari sebuah tempat tinggal dalam hal ini adalah hotel

    Praktik Kerja Nyata adalah suatu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i pada semester yang telah ditentukan oleh program studi masing-masing sebagai salah satu syarat untuk dapat melanjutkan studi ke tahap atau semester yang yang lebih tinggi. Pelaksanaan Praktek kerja Nyata ini disesuaikan dengan bidang studi yang ditekuni oleh setiap mahasiswa/i

  dalam program kali ini, penulis mempunyai kesempatan untuk melakukan pelaksanaan Praktik Kerja Nyata disalah satu hotel berbintang di Jakarta, yaitu Hotel JW Marriott Jakarta yang berlokasi di .................................... Terhitung mulai dari tanggal 18 Juli 2012 sampai 18 Januari 2012 penulis melakukan Praktik Kerja Nyata di Hotel tersebut dan dilaksanakan di Food and Beverage Department.


1.2 Pentingnya Penulisan Laporan

    Dengan disusunnya laporan ini, penulis sangat berharap pengalaman dan ilmu yang telah penulis peroleh selama melaksanakan program Praktik Kerja Nyata dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan penulis khususnya di bidang Pariwisata khususnya dibidang Perhotelan dan mudah -mudahan penulis dapat mengaplikasikan kelak di dunia kerja yang sesungguhnya.

1.3 Penjelasan Praktik Kerja Nyata

     Program Praktik Kerja Nyata ini berlangsung selama enam bulan terhitung mulai tanggal ........................... sampai ......................... Dalam Prtaktik Kerja Nyata ini penulis berkesempatan untuk bekerja di Food and Beverage Department yaitu In Room Dining yang jam kerjanya terbagi sebagai berikut :
a. Shift Morning
......................

b. Shift Middle
.....................

c. Shift Afternoon
......................

d. Shift Night
.....................

1.4 Tujuan Penulisan Laporan

1.4.1 Tujuan Formal

  Sebagai salah satu syarat akademis untuk menyelesaikan kelengkapan program Praktik Kerja Nyata yang dilaksanakan pada semester empat untuk program Diploma II di National Hotel School Jakarta. Dalam hal ini penulis mencoba membuat laporan berdasarkan data-data dan pengalaman yang telah penulis peroleh selama melaksanakan Praktik Kerja Nyata di Hotel JW Marriot Jakarta.

1.4.2 Tujuan Operasional

    a. Menambah wawasan dan pengetahuan penulis
    b. Para mahasiswa-mahasiswi dapat langsung mempraktikkan teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel dimana mereka praktik
    c. Dapat meningkatkan kemampuan diri
    d. Serta menambah pengalaman dan cara bekerja sama sesama team

1.5 Sistematika Penulisan Laporan
       
      Laporan Praktik Kerja Nyata ini penulis sajikan kedalam empat bab, adapun sistematikanya sebagai berikut :
    a. Bab Pertama
        
        merupakan pendahuluan yang mengemukakan latar belakang, pentingnya penulisan laporan Praktik Kerja Nyata, serta sistematika penulisan laporan.

    b. Bab Kedua

       Merupakan suatu tinjauan umum mengenai Hotel JW Marrott Jakarta Yang meliputi Sejarah, Peta Lokasi Hotel, Klasifikasi Hotel, Sarana dan Fasilitas Hotel, dan Struktur Organisasi Hotel.

    c. Bab Ketiga

        Merupakan  isi laporan yang mencakup ruang lingkup pekerjaan selama melaksanakan Praktik Kerja Nyata, yang meliputi Tugas dan Teknik Operasional dari kegiatan yang dilakukan selama training di Food and Beverage Department.

    d. Bab Keempat

         Berisi kesimpulan dan saran-saran kepada pihak hotel yang menyangkut masalah dan hambatan pada saat pelaksanaan Praktik Kerja Nyata.

--------------------------------------------------------------------------------
Pembatas
--------------------------------------------------------------------------------


                                                                            BAB II


                                   TINJAUAN UMUM HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA

SEJARAH SINGKAT HOTEL


J.W Marritot Jakarta
salah satu Hotel Bintang 5 di Indonesia yang sebagai Bussines Hotel yang berlokasi di jalan ............................................ if we take care our associate, associate will take care our customer and customer will come back. J.W Marriott Jakarta berada dibawah naungan MARRIOTT INTERNATIONAL yang berada di Washintong DC, Amerika. Founder Marriott ialah Jhon Williard Marriott, Sr. yang berawal dari sebuah kedai beer dengan hanya 9 kursi pada tangggal 20 Mei 1927 yang mereka beri nama A&W ( Allice & Williard ) yang kemudian usaha mereka terus berkembang dengan membuka restaurant yang bernama Hot Shoppe, dengan ide yang cemerlan J.Williard Marriott, Sir. menyediakan jasa gathering untuk kapal dengan makanan box, beberapa tahun kemudian J.Williard Marriott, Sir. membuka hotel pertamanya TWIN BRIDGES MOTOR HOTEL di Arlinton, Virginia dengan 365 kamar dan anak dari J.Wiliard Marriott, Sr. yaitu J.Williard Marriott Jr menjadi chairman di hotel itu dan yang berada di Indonesia J.W Marriot Surabaya, J.W Marriot Medan dan J.W Marriott Jakarta.

                                                  GENERAL MANAGER

                                                        Karan Berry

                                                              Founder
                                                   J.Williard Marriott, Sir.

                                                             

                                                            Owner
                                                         Tan Kian






-------------------------------------------------------------
 Dibawah ini adalah Brand di bawah naungan Marriott International :
  
    Full Service
  • J.W Marriott
  • Marriott Hotel & Resorts
  • Reinaissance Hotels
  • Auto Graph
  • Edition
  • Bvlgari
  • The Ritz-Carlton
  • Nickelodeon
   Select  Service
  • Courtyard Bali Marriott
  • Springhill Suited Marriot
  • Fairfield Inn & Suites Marriott
   Extended Stay
  • Residence Inn Marriott
  • Towne Place Suites Marriott 
  • Marriott Execustay
  • Marriott Executive Apartement
   Other Brand
  • The Ritz-Carlton Club 
  • Marriott Vacation Club
  • Grand Residences Marriott
---------------------------------------------------------

FASILITAS-FASILITAS YANG DISEDIAKAN HOTEL
fasilitas untuk tamu :

  • SAILENDRA RESTAURANT
Sailendra Restaurant salah satu the best restaurant di jakarta yang di miliki J.W Marriott Jakarta yang memperlihatkan cara memasaknya atau life cooking dengan menyajikan berbagai makanan yang siap memuaskan para tamu.
lokasi      : Lobby Level
open       : 06.00 am - 11.00 pm

  • ASUKA JAPANESSE DINING
Restaurant yang bernuansa Japanesse dengan equipment yang langsung di kirim dari Jepang asli yang membuat tamu merasakan nuansa Jepang yang elegant.

  •  BLU MARTINI 
Yang di miliki J.W Marriott Jakarta yang menyediakan berbagai minuman, cocok untuk menghabiskan waktu dengan teman sambil menikmati berbagai minuman yang disediakan oleh Blu Martini.
Lokasi        : Lobby Level
Open          : 10.00 am - 01.00 am


  • CAKE BOX
 Tempat yang menyediakan aneka macam dessert dan coffee. Cake Box yang menyediakan Smoking Area untuk tamu yang merokok.

Lokasi      : Lobby Level
Open        : 08.00 am

  • PEARL RESTAURANT
 Pearl Restaurant adalah restaurant China yang di miliki J.W Marriott Jakarta yang memberikan
yang memberikan pelayanan yang memuaskan bagi tamu dengan makanan khas China yang di masak langsung oleh Chef John Chu dari China.

Lokasi       : 2nd Floor
Open         : 11.30 am - 02.30 pm
                    06.00 pm - 10.30 pm

  • DUA MUTIARA BALLROOM 
Tempat meeting yang menyediakan kapasitas 1700, bisa digunakan untuk acara meeting, wedding, party dan yang lainnya. Dua Mutiara Ballroom  terbagi menjadi 3 ruangan yaitu :

-    DUA MUTIARA 1
-    DUA MUTIARA 2
-    DUA MUTIARA 3

lokasi         : 2nd Floor

  • JW MEETING CENTER
Salah satu tempat meeting yang mempunyai kapasitas besar dan mempunyai teras sendiri untuk tamu yang ingin menikmati coffee break di luar dengan udara segar di samping JW Meeting Center ada 2 ruangan meeting lainnya yang ukurannya lebih kecil, yaitu :

- JW  BOARDROOM 1
 - JW  BOARDROOM 2

Lokasi    : 2nd  Floor

  • ALAMEDA POOLSIDE & SPA
Alameda Poolside menyediakan Poolside untuk tamu yang ingin berenang dengan serasa di halaman rumah sendiri, alameda juga menyediakan Gym untuk yang mau berolahraga dan menyehatkan tubuhnya. Bagi para tamu yang ingin bersantai dan rilex siap-siap untuk dimanjakan di Spa yang tersedia di Alameda dengan aroma terapi bunga yang menyegarkan membuat tubuh kembali segar.

Lokasi : 3rd Floor
open : 06.00 am

  • MUSHOLLAH
Bagi tamu muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat, bisa menggunakan fasilitas ini.

Lokasi   : 3rd Floor







2.1 Sejarah Hotel JW Marriott Jakarta

JW Marriott Jakarta Hotel, sebuah hotel mewah yang berada di lokasi komersil yang baru, berdekatan dengan pusat belanja, hiburan dan pusat makanan. Para tamu akan sangat menyukai lokasi yang sangat bagus ini dimana terletak banyak gedung bisnis utama. Bandara international hanya 30 menit.dan juga dapat menikmati panorama kota. Restoran menyediakan beberapa makanan terbaik dan pilihan yang terkemuka. JW Marriott Jakarta Hotel adalah hotel yang ideal bagi mereka yang mendambakan keindahan, kemewahan dengan fasilitas modern.

    - Pada Tahun .....
    - Pada Tahun .....
    - Pada tahun ......
2.2 Produk - produk  JW Marriott Jakarta adalah sebagai berikut :


Fasilitas Hotel
TersediaTidak Tersedia
Fasilitas
bar tepi-kolam
bar/pub
binatang peliharaan diperkenankan
coffee shop
concierge
fasilitas orang cacat
fasilitas rapat
kasino
klub malam
kotak penyimpanan aman
lantai eksekutif
layanan antar jemput
layanan kamar
layanan kamar 24 jam
layanan laundry/dry cleaning
lift
penitipan bayi
pusat bisnis
restoran
ruang keluarga
ruang merokok
salon
sewa sepeda
toko
transfer bandara/hotel
tur
wi-fi di tempat-tempat umum
Olahraga dan Rekreasi
fasilitas golf (lokasi bisnis)
gym/fasilitas kebugaran
jacuzzi
klub anak
kolam (anak)
kolam renang (dalam ruangan)
kolam renang (luar ruangan)
lapangan golf (dalam 3 km)
lapangan squash
lapangan tenis
olahraga air (bermotor)
olahraga air (tak-bermotor)
pantai privat
pemandian air hangat
pijat
ruang permainan
ruang uap
sauna
spa
taman
Internet dalam Kamar
akses internet
internet (biaya dikenakan)
internet (gratis)
internet (wireless)
internet wireless (biaya dikenakan)
internet wireless (gratis)
Tempat parkir mobil
parkir valet
tempat parkir mobil

...................................................
2.3 Peta Lokasi dan Alamat  JW Marriott Jakarta
......................................
2.4 Klasifikasi Hotel
    - Jumlah dan Jenis Kamar


Guest Rooms

297 kamar & 36 suite menawarkan tempat tidur baru mewah dengan mewah bawah selimut & katun kaya linen
Luar biasa besar akomodasi bintang 5 yang kaya ditunjuk untuk menawarkan kenyamanan maksimal & kenyamanan
Luas kamar Deluxe: 42 meter persegi dengan langit-langit 3,3 m, terpisah mandi dan mandi
Upgrade ke tingkat eksekutif, dengan lounge pribadi, ruang rapat & pelayan
Kecepatan tinggi akses Internet, 37-inch layar datar TV satelit, 2-saluran telepon dengan pesan suara
Laptop yang aman, pengering rambut, mini-bar, di kamar kopi / teh, 24-jam layanan kamar & malam turndown


  • Deluxe Guest Room



  • Suite

  • Presidential Suite



.............................................
    - Room Rate
............................................
2.5 Sarana dan Fasilitas Restaurant dan Bar

  • Sailendra Restaurant (city's best buffet, lobby level) 


Dikenal sebagai prasmanan terbaik di kota ini, Sailendra memiliki dapur terbuka & stasiun memasak langsung yang menyajikan masakan dari seluruh Asia, spesialisasi Barat dan makanan penutup yang mewah. Berjalan-gudang anggur menawarkan beberapa anggur terbaik di dunia. Buka untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

                                                              Fnb outlets fact sheet                                                                      Sailendra

Location : lobby hotel 
Extension : 3888 or 3889
Seating capacity
Restaurant 280 include private room
Private room 1 : 10
Private room 2 : 8
Private room 3 : 8

Operating hours
A. Breakfast
1. Monday until friday 6.00 - 10.00 buffet
6.00-11.00 a la carte
2. Saturday,sunday,public holiday 6-10.30 buffet
3. Buffet breakfast prices
Monday until saturday
Rp 178.000+food only
B. Lunch
1. Monday until saturday 11.30 - 15.00 buffet
2. Sunday, public holiday
11.30-15.30 buffet
3. buffet lunch prices 
@ Monday - Friday rp 280.000+ food only
@ saturday 288+include non alcoholic beverage

C. Dinner
Sunday - friday 18-22.00 buffet
2. Saturday,public holiday eve 18.00-22.30
3. Buffet dinner 
- monday -tuesday rp 168.000+ food only
Wednesday-friday
Rp 268.000+ 

  • Asuka Japanese Dining  (Japanese, lobby level)

Sangat segar, masakan khas Jepang disajikan dengan indah, dari omakase unik untuk sushi yang terbaik di kota. Terbuka untuk makan siang dan makan malam.
  • Pearl Chinese Restaurant  (2nd floor) 

kecerdikan masakan tradisional dengan hidangan indah siap di restoran kontemporer.
  • Blu Martini (bar & lounge, lobby level) 


  • CakeBox (lobby atrium) 


Tempat yang sempurna untuk pertemuan, atau hanya untuk Bersantai setelah jam kerja. Berbagai pilihan minuman jenis martini dan musik profesional , Senin sampai Sabtu mencerminkan tren saat ini dan dapat dinikmati dengan teman atau kolega


...........................................

    - Fasilitas lain yang terdapat di luar Food and Beverage Depatment
        - Business Center
        Fasilitas yang menyediakan service untuk menunjang keperluan bisnis dan office seperti internet, computer, meeting room serta secretarial service seperti pengetikan maupun faxes dokumen, fotocopy dan lain-lain.

  •       Alameda Spa


Outdoor area dengan slide, taman dan kolam renang

  • Body scrub
  • Body wrap
  • Facials
  • Fitness counseling
  • Foot bath
  • Manicures/pedicures
  • Massages
  • Plunge pools
  • Steam room
  • Therapy baths
  • Waxing

        .......................................
        - Laundry - House Keeping Department
        Departmen ini bertugas untuk menangani pencucian pakaian tamu dan seragam karyawan ( laundry), serta menjaga kebersihan dari area hotel seperti daerah lobi, koridor, lift, lift tamu, toilet, tangga - tangga, restaurant, funcion room di banquet, ruang kantor, area parkir, kamar - kamar dan lainnya. house keeping Departmen juga bekerjasama dengan front office untuk memberikan informasi tentang kamar yang tersedia maupun tidak

2.6 Struktur Organisasi Hotel

Personalia Secara Keseluruhan di Hotel
1. General Manager
.........................
2. Residen Manager
................
3. Director of Food and Beverage
........................
4. Assistant Food and Beverage Director
.......................
5. Outlet Manager
.........................
6. Assistant Outlet Manager
.................................

.............................................................................................................................
Pembatas
............................................................................................................................

                                                                           BAB III



                        KEGIATAN OPERASIONAL DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT


Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atau tempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service juga biasa disebut “In-Room Dining”.
  Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Jika restoran dan bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room service memiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di kamar-kamar hotel atau apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan, ,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar..
3.1 Pembagian Jam Operasional beserta Harga
..................................
3.2 Pembagian Jam Kerja
.................................
3.3 Pembagian Shift dan Job Desciption
    3.3.1 Morning Shift
    ...........................
    3.3.2 Middle Shift
    ..........................
    3.3.3 Afternoon Shift
    .........................
    3.3.4 Night shift
    .............................
3.4 Struktur Organisasi In Room Dining dan Fungsinya

Defenisi Room Status

System komputerisasi yang dipergunakan dalam operasional hotel bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah proses operasi suatu hotel, yaitu teknologi komputerisasi yang mampu menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan cara-cara konvensional sehingga pengelolaan hotel menjadi lebih mudah, simple dan minimal kesalahan
Software Hotel banyak di kempangkan oleh ahli-ahli IT yang satu sama lain mempunyai kelebihan masing masing dengan harga yang bervariasi. Software hotel seharusnya memberikan solusi bagi semua kebutuhan operasional suatu hotel. Beberapa hotel software yang terkenal dan banyak dipergunakan adalah opera, Fidelio,Myoh, His, dan lain-lain.
Pada tulisan ini, pembahasan yang dibuat merupakan istilah- istilah umum yang sering dipakai dalam operasional hotel mengenai code dan pengertian dari room status, antara lain:

Code
Description
Remarks
O
Occupeid
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel.
OC
Occupeid Clean
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang bersih
OD
Occupeid Dirty
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang kotor. Ini terjadi akibat perubahan status dari OC ke OD setelah melewati satu malam stay.
V
Vacant
Sebutan bagi kamar yang kosong
VC
Vacant Clean
Kamar yang kosong dengan keadaan bersih
VD
Vacant Dirty
Kamar yang kosong dengan keadaan kotor. kamar kotor dapat terjadi karena tamu yang sudah check out atau program cleaning dari housekeping.
VCI
Vacant Clean Inspected
Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh floor supervisor dan siap untuk menerima tamu (dijual)
Comp
Compliment
Kamar yang terigester oleh seorang tamu, namun kamar tersebut free of charge (gratis)
HU
House Use
Kamar yang teregister atas nama seseorang dari manajemen atau karyawan yang dipergunakan sebagai tempat tinggalnya.
DND
Do not Disturb
Suatu tanda yang dibuat oleh tamu untuk tidak diganggu.
SO
Sleep Out
Seorang tamu yang masih teregister, namun kamar tidak dipergunakan karena tamu tesebut harus meninggalkan hotel beberapa hari.
Skip
Skipper
Tamu meninggalkan hotel sebelum melunasi semua kewajibannya
OS
Out of Service
Kamar yang memerlukan perbaikan ringan, biasanya lama perbaikan kurang dari satu hari, status ini dapat terjadi karena kerusakan atau program cleaning dari housekeeping. Out of service tidak mengurangi room availability.
OO
Out of Order
Kamar yang memerlukan perbaikan yang serius, biasanya lama perbaikan lebih dari satu hari. Status ini dapat terjadi karena kerusakan di kamar atau progam cleaning dari housekeeping. Out of order mengurangi room availability.
DO
ED
Due Out / Expected Departure
Daftar kamar-kamar yang diharapkan untuk check-out hari ini sesuai dengan tanggal departure
EA
Expected Arrival
Daftar nama-nama tamu yang diharapkan tiba hari ini
CO
Check Out
Tamu yang sudah meninggalkan hotel hari ini setelah melunasi semua kewajibannya termasuk menyerahkan kunci yang dipakai ke front office
LCO
Late Check Out
Permintaan tamu untuk meninggalkan hotel lebih lambat dari waktu check out yang ditentukan.
ONL
Occupeid no Luggage
Seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.
DL
Double Lock
Permintaan tamu ke pihak hotel untuk melakukan double lock sehingga tidak seorangpun dapat masuk ke kamar tersebut.


............................................
    - Fungsi dan Tanggung Jawab setiap Jabatan di In Room Dining


  •      Manager
  1. Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional 
  2. Bertanggung jawab atas motivasi dan kerja sama atas seluruh staff
  3. Mengontrol biaya dan pengeluaran 
  4. Memperkirakan keuntungan dan pengeluaran
  5. Memelihara menu dan harga
  6. Kinerja kerja bawahan 
  7. Hubungan umum, rencana pemasaran dan mengorganisir acara
  8. Menjaga hubungan baik dengan tamu
  9. Membuat jadwal cuti dan mingguan
  •     Assistant Manager
  1. Bertanggung jawab apabila Manager berhalangan hadir
  2. Membantu atas motivasi team dan kerja sama seluruh staff
  3. Memelihara standar pelayanan dan produk
  4. Membantu memelihara dan mengontrol pengeluaran dan pemasukan 
  5. Membantu permintaan barang-barang kebutuhan general dan dry store
  6. Menjaga hubungan baik dengan tamu
  7. Mengisi sistem administrasi 
  8. Membantu dan membuat jadwal cuti dan mingguan
  9. Menjaga dan mengawasi peralatan dan perlengkapan operasional
  •     Captain
  1. Mengontrol standar service dan produk
  2. Memelihara mengenai tugas dan tanggung jawab
  3. Membantu dan mengontrol perbaikan dan pemeliharaan 
  4. Membantu dalam pengontrolan perlengkapan operasional 
  5. Membantu dalam pelatihan dan pengembangan
  6. Membantu dalam pengontrolan linen dan seragam
  7. Membantu dalam mengontrol barang dan kebutuhan general dan dry store
  •     Waiter/ress
  1. Melayani dan menyajikan makanan dan minuman, memberikan pelayanan yang profesional agar memaksimalkan kepuasan tamu
  2. Mempersiapkan Mise en place
  3. Memberikan standar tinggi dan kecepatan pelayanan
  4. Memastikan bahwa area service bersih setiap waktu
  5. Mengetahui dan memahami akan pengetahuan makanan dan minuman yang ada di menu
 The GOOD waiter/s needed
  1. Good knowledge
  2. Good skill and Good communication
  3. Friendly attitude but still polite
Susunan Organisasi Room Service
Susunan dan jumlah petugas di room service dalam suatu hotel tergantung pada besar kecilnya operasional dan keadaan hotel. Adapun jabatan yang selalu ada dalam organisasi room service meliputi :
a. Room Service Manager
  Apabila operasi room service tidak dalam area yang luas dan tidak terlalu sibuk, biasanya pimpinan tertinggi dipegang oleh head waiter. Adapun tugas Room service manager adalah :
§  Bertanggung jawab sepenuhnya atas jalannya operasi di room service.
§  Membuat rencana dan jadwal kerja untuk bawahannya, mengingat operasi room service yang selama 24 jam. Serta mengawasi pelaksanaannya.
§  Bertanggung jawab atas seluruh keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta appearance bawahannya.
§  Bertanggung jawab kepada F&B manager.



b. Room Service Captain
§  Bertugas memeriksa kehadiran dan appearance waiters, menyediakan segala sesuatu untuk service serta mengawasi persiapan dan service yang akan dilaksanakan.
§   Captain bertugas sebagai quality control dengan memeriksa ketepatan dan mutu pesanan yang akan dikirim kekamar tamu.
§  Captain bertugas membuat laporan pertanggungjawaban kepada room service manager.

c. Room Service Order Taker
  Room service order taker mempunyai peranan yang penting dalam operasi room service. Order taker bertugas dalam menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu terutama melalui telepon. Karena berhubungan langsung dengan tamu, maka seorang order taker haruslah orang yang mempunyai kemampuan komunikasi bagus, sopan, serta memiliki pengetahuan yang luas tentang menu. Seorang order taker harus mencatat semua pesanan tamu secara tepat dan benar untuk selanjutnya diserahkan kepada waiters.

d. Room Service Waiters
  Bertugas untuk menyiapkan segala peralatan dan keperluan untuk service serta menyiapkan nampan dan trolley. Tugas pokok room service adalah untuk menyajikan makanan dan minuman dikamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, melayani tamu, dan melakukan clear up kamar tamu serta menyampaikan tagihan pelayanan kamar (bill).


3.5 Standart Operational Procedure
    3.5.1 In Room Dining Sequence


Room service

1.Room service
2. Good afternoon sir. I m yannuar as your waiter my i coming
3.Mr rich,room service with you order
4. May i come in ?
5.where you'd like to place set the table/tray
6.this is your order, 1 club s'wich and 1 diet coke
7.may i serve you the drink/pour your coffee
8. Would you like anything else sir
9. Excuse me sir may i have you signature 
10. Please dial at your service to have your tray / trolley removed
11. Thank you mr rich enjoy your meal


    3.5.2 In Room Dining


Equipment
1. Glass ware
Hi bowl glass
Glass juice
Coffee latte glass
Long beer glass
Water pitcher
Bourdoug (glass wine)
Martini glass
Bourgondy
Glass wine
Sampange
Tea pot
Coffee pot

2. Kind of bread
Ciabatta(panjang)
Hardroll (sesame topping)
Vocatia
White toas
Croissants(chocolata, plaint)
Danish pastries
Muffins
White
Whole wheat toast
Raisin toast
Breakfast rolls

3. Kind of jam
Darbo flower honey (honey)
Darbo all natural (garden strawberry)
Darbo all natural (rose apricot)
Darbo naturrein (seville bitter orange)



     3.5.3 In Room Dining

A. Breakfast
1. The continental breakfast
2. The marriott breakfast
3. The chinese breakfast
4. The healthy breakfast
5. Simple A' la carte
6. Bakery
7. Local breakfast favourite
8. Waffle and such
9. Breakfast eggs
10. Coffee,tea or juices

B. Starter
Organic meslun salad
Roasted duck breast salad
Prawn with avocado
Sushi sahimi plater
Aragula salad with roasted pear
Caesar salad
Tomato mozarela salad
Greek salad
Roasted squash n mushroom salad
Mixed green salad

C. Soup
Mushroom cream soup 
Tom yam koong
Crab bisque
Soup of the day

D. Bistro 
Any pasta with choice of sauce
Rigatoni agli
Conchiglie with prawn
Lasagna al forno
Linguine al pesto
Fish and chips
Rare tuna steak
Pan fried seabas fillet
Poached salmon steak
Grilled chicken breast
Bbq roasted half chicken

E. Asian Flavours
Korean bulgogi
Korean kalbi beef
Hainan chicken
Vegetable stir fry tofu
Thai green chicken curry
Phanaeng beef curry

F. Sandwiches
Marriott burger
Club sandwich
Tuna toastie
Grilled vegetable foccacia
Parma ham n taleggio cheese panini
Philly steak swich
Chicken burger
Swiss mushroom burger

G. Local flavours
Gado gado 
Sop buntut
Nasi goreng kampung
Udang balado
Ayam goreng kalasan
Sumatra beef rendang
Indonesia beef and chic satay

H. Asian Noodle
Soto ayam
Yong tau foo
Kwee tiaw goreng
Curry laksa singaporean

I. Tandoor
Chicken/lamb sandwich
Jingga masala
Chicken makhani
Chicken/lamb tandoor

J. Curry
Subji masala
Paneer mughni
Palak paneer
Dhal makhani
Lamb curry

J. Wood Fired Oven
Pizza napoletana
Pizza margherita
Pizza prosciutto fungi 
Pizza vegetariana
Pizza al tonno
Beef pepperoni pizza
Pizza prociutto parma
Create your own pizza

K. The Grill
Beef tenderloin
Striploin
Rib eye steak
Lamb chops
Chicken breast
Salmon steak

L. Sweet Ending
Apple strudle
Crème brule
Chocolate fudge cake
Cheese cake
Banana tart tatin
Haagen dazs
Chocolate fondant
Crème caramel
Fruit platter
Soft n hard cheese

M. Snacks
Spring rolls
Chicken wing
Tempura calamari
Chicken quesadilla
Chicken cheese nachos

N. Just For Kids
Barney burger
Ben 10
ABC soup
Nemo Fish
Chip munk like it
Little einstein pizza
Winnie the pooh

O. By the glass
1. White wine 
Zonin, terre paladiane soave, italy Rp140
Tall trees Rsv chardonnay, australia Rp 150
Monkey bay, marlborough chardonnay, new zealand Rp 160
2. Red Wine
Tall trees Rsv cabernet sauvignon, australia Rp 150
Robert mondavi, woodbridge, merlot, united states Rp 155
Nobilo icon, marlborough pinot noir, new zealand Rp 180
3. Champagne
Mumm, cordon rouge, brut, france Rp 300
4. Sparkling Wine
De bortolli, sacred hill brut cuvee, australia Rp 135

P. Beverage
Aperitifs
Sherry and port
Gin
Vodka
Rum
Tequila
2. Wisky
Standard (scotch, irish, boubon)
Premium
3. Malt whisky
Macallan 12 years
Macallan 18 years
4. Cognac
Martel VSOP
Martel cordon blue
Remy martin XO
5. Cordials (baileys, grand marnier,sambuca, galliano
6. Cocktails
Bloody mary, caipiroschka,strawberry daiquiri,dry martini, manhattan, black russian, kamikaze, margarita
7. Long drinks
Long island tea, singapore sling, pina colada, mai tai,tom collins, zombie, tequila sunrise, illussion
8. Speciality coffee
Irish, french, kioki, jamaican, mexican
9. Beer
Hite,draught beer,heineken,carlsberg,san miguel,bintang,Guinness, corona,hoegarden, erdinger dunkel or weiss
10. Soft drinks and mineral waters
Pepsi, diet pepsi,7up,ginger ale,tonic water, pocari sweat
, equil sparkling or natural mineral water, evian, perrier, san pallegrino
11. Non-alcoholic cocktails
Fruit punch, mango lassi, soy bean cooler, khatulistiwa, sailendra fantasy, mojito lemon, kiwilicious, carebbean fruit punch
12. Freshly squeezed juices
Orange, honeydew melon, pineapple,mango, watermelon, papaya, starfruit,carrot
13. Healthy drinks
Mango lassi, papaya lime sorbet, home made lemonade, strawberry smoothie, west meets east
14. Cold sensations
Iced coffee, iced cappuccino, iced chocolate, iced lemon tea, iced peach tea, iced mango tea
15. Selection of coffee
A pot of freshly brewed or decaffeinated
A cup of freshly brewed,decaffeinated, espresso, cappuccino,cafe latte
16. Selection of tea
- popular choice. Darjeeling, earl grey, english breakfast
- herbal infusion. Chamomile, peppermint
- chinese. Jasmine, oolong
- green. Java, javanese
17. Milk,skimmed milk, hot milk or hot chocolatemp

3.6 Training Program yang di Dapat
    - Orientasi Umum

Task Competensy Inventory
1. Core Training

- Departmental Orientation
- Grooming & Etiquette Standard
- Job Scope

2. Skill Training

- Micros
- Pick Up Order

3. Miss En Place

- How to Polish Chineware
- How to Polish Glassware
- How to Polish Silverware
- How to Folding Napkin
- How to Prepare Manace
- How to Prepare Side Station
- How to Set Tray for Breakfast
- How to Set Tray for Lunch
- How to Set Tray for dinner
- How to Set Trolly for breakfast
- How to Set Trolly for Lunch
- How to Set Trolly for Dinner
- Serving Equipment
- Goodies
- Condiment
- Linen

4. Equipment Handling

- Chinaware
- Cutleries
- Glassware
- Soaking
- CoffeeMachine
- Linen
- Menace
- Breakage Prevention
- Handling Maintenance
- Inventory

5. Service Sequence

- Telephone Courtesy
- How to Handle Telephone Inquiries
- Handling Incoming Call
- Magic Word and Upselling
- Fill in Captain Order
- Put in Order to Micros
- Printing the Check
- Firing the Order
- Adjust Cutleries
- Preparing / Pick Up Beverage
- Preparing Condiment
- How to Carry Tray
- How to Carry Trolley
- How to Greet the Guest
- How to do a Tray Service
- How to do a Trolley Service
- How to Explain the Order
- How to Present the Bill
- How to Serve Juice
- How to Serve Ice Tea
- How to  Serve Soft Drink
- How to Open a Bottle of Wine
- How to Serve a bottle of Wine
- How to Open a Bottle of Champagne
- How to Serve a bottle of Champagne
- How to Serve Draught Beer
- How to Serve Beer By Bottle
- How to Serve Long Drinks
- How to Make Coffee
- How to Serve Coffee
- How to Prepare and Serve Espresso
- How to Prepare and Serve Deccafe
- How to Prepare and Serve Caffe Latte
- How to Prepare and Serve Cappucino
- How to Serve Bread and Butter
- How to Serve Appetizer
- How to Serve Soup
- How to Serve Main Course
- How to Serve Dessert
- How to Follow Up Special Order
- Handle Payment
- Clear Soiled Plate
- Present a Cigarette
- Answer Guest Question
- Control Linen
- Lost And Found Procedure
- Incident and Accident Report
- Opening Duties
- Evening Duties
- Night Shift Duties
- Send of for Soaking
- Take Away Procedures
- Handle Corcage Charge
- Make Sales Report

6. Knowledge

- Menu Knowledge
- Beverage Knowledge
- Mocktail
- Cocktail
- Wine and Champagne

7. Minibar Operation

- Set Up Minibar in Room
- Set Up Minibar Trolley
- Set Up Minibar Store
- Minibar Items Ordering
- Checking Minibar in Room
- Fill Up Minibar Bill
- Phone Posting
- Micros Posting
- Refill Minibar Consumed
- Replenish Fruit OCC. Room
- Take Out Expired Items
- Minibar Take Out (MOT)
- Minibar Items Ordering
- Minibar Items Transfering

8. Minibar Administration

- ED/EA/In House List
- Minibar Worksheet
- Minibar Journal
- Minibar Revenue Report
- Minibar Lost Report
- Minibar Rebate
- Minibar Late Charge
- Minibar Analysis
- Minibar Bin Card
- Minibar Expired Items Sheet
- Minibar Spoilage Record

9. Amenities Operation

- Miss En Place
- Fruit Amenities Items
- Fruit Amenities Equipment
- Set up Fruit Amenities
- Deliver Fruit Amenities
- Check Minibar for EA room
- Sorting Fruit
- Ordering Fruit
- Pick up Fruit from Commisary
- Fruit Storage in Room Service
- VIA Items
- VIA Equipment
- Set Up VIA Items
- Deliver VIA Items
- VIA Items Ordering
- Platinum Aminities Items
- Platinum Aminities Equipment
- Set Up Platinum Amenities
- Deliver Platinum Amenities
- Platinum SOP
- Platinum Amenities Ordering
- Platinum Billing in MICROS
- Entering Guest Room
- Placing Fruit Amenities in Room
- Placing VIA in Room
- Clearing Up Amenities Equipment
- Take Out No Show Amenities
- Cross Check EA vs Actual Arrival

10. Amenities Administration

- ED/EA/In House List
- Actual Arrival List
- Amenities Worksheet
- Daily VIP Amenities Request
- Welcome Card
- Daily Amenities Record
- Amenities Summary
- Amenities Take Out List

11. Skill Training

- Micros
- Opera
- Sunfish
- General Reviewed

    - Penampilan
    ..........................
    - Orientasi Outlet
    ..........................
    - Bagaimana Cara ............
    - Gambar Set Up Tray and Trolly

CONTOH PERCAKAPAN SEDERHANA DI DALAM UP SELLING

---------------------------------------------------------------------------------
Pembatas
---------------------------------------------------------------------------------
                                                                        BAB IV


                                                       KESIMPULAN DAN SARAN



4.1 KESIMPULAN 


  Program Praktik Kerja Nyata yang berlangsung selama enam bulan ini sangatlah bermanfaat dan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi penulis, baik di bagian Food and Beverage Department yang merupakan salah satu department yang penting di sebuah hotel dan salah satu alat atau fasilitas hotel yang dapat menunjang peningkatan pendapatan hotel.
  Selama enam bulan tersebut telah banyak pengetahuan baru yang penulis dapatkan terutama sebagai seorang trainee yang dapat berhubungan langsung dengan tamu, baik tamu dalam negeri maupun luar negeri. Penulis juga dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan pelayanan baik kepada tamu dan dapat memenuhi kebutuhan yang tamu inginkan, sehingga dapat merasakan bahwa dirinya sangat spesial.
  Penulis dapat memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang kelancaraan pekerjaan kita. Selain dari pada itu penulis pun dituntut untuk mempelajari beberapa hal yang sifatnya fleksible dalam memberikan pelayanan kepada tamu yang harus sesuai dengan ketetapan dan peraturan yang telah hotel terapkan.

4.2 SARAN


Selama melakukan Program Praktik Kerja Nyata, penulis masih mempunyai banyak kekurangan yang masih harus diperbaiki, karena tidak langsung dapat menghambat jalannya operasional hotel di Food and Beverage Department.

  Saran-saran yang penulis usulkan antara lain :
  1. Peningkatan sumber daya manusia yang salah satu caranya adalah diadakan  seleksi perekrutan karyawan baru, sehingga dapat menunjang kualitas pelayanan kepada tamu.
  2. Diadakan training program untuk seluruh karyawan mengenai standar dan prosedur yang benar sesuai kualitas hotel
  3. Pemenuhan kelengkapan peralatan ataupun fasilitas kerja yang sangat mempengaruhi kelancaran pada saat operasional berlangsung.
  4. Meningkatkan citra hotel yang baik dimata umum
  5. Memberikan pemahaman kepada karyawan akan pentingnya komunikasi demi kelancaran kooperasional.
  6. Meningkatkan standar atau kualitas pelayanan yang diberikan hotel seperti memberikan pelayanan yang maksimalkan kepada tamu.
  7. memberikan pengetahuan yang lebih luas di bidang industry perhotelan kepada para trainee yang dapat menunjang mereka agar dapat mengetahui secara luas tentang dunia pariwisata khususnya dunia perhotelan.

---------------------------------------------------------------------------------
Pembatas
---------------------------------------------------------------------------------
                                                                           BAB V



5.1 PENUTUP


    Suatu anugrah yang penulis rasakan ketika penulis menyelesaikan praktik kerja nyata selama enam bulan di hotel JW Marriott Jakarta dengan lancar dan baik, serta dapat menyelesaikan penulisan laporan Praktik Kerja Nyata.
    Penulis telah menyelesaikan penyusunan Praktik Kerja Nyata ini, Namun Penulis Menyadari Bahwa Masih banyak memiliki kekurangan. Dan penulis sangat berharap kepada pembaca agar dapat memakluminya.
    Penulis mengharapkan agar laporan ini dapat berguna dan memberikan dampak yang baik bagi penulis sendiri, terlebih bagi para pembaca khususnya, baik masa sekarang maupun yang akan datang


----------------------------------------------------------------------------------------
                                                   LAMPIRAN MENU DAN DENAH








   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar