Senin, 12 November 2012

Laporan Akhir ( Room Service) 2


                               PERAN, TUGAS SERTA TANGGUNG JAWAB FB SERVICE
                                                              DI IN ROOM DINING
                                                        JW MARRIOTT JAKARTA

                                                                KARYA TULIS

            Diajukan untuk memenuhi Tugas Kurikulum Pendidikan Tinggi dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Kelulusan Tahun
                                                                    2012/2013




                                                                  Disusun Oleh :
                                                     Nama                  :   Muh Yannuar
                                                     NIM                   :   
                                                     Tahun Pelajaran   : 2012/2013


                                                             Akademi Perhotelan
                                         NATIONAL HOTEL SCHOOL JAKARTA


                                     Jl. Tarumanegara No. 37-39 Pisangan Ciputat 15419
                                     Telp : (+62-21) 747-01515 Fax : (+62-21) 712-34190
                                                                  Jakarta Selatan

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

                             PERAN, TUGAS SERTA TANGGUNG JAWAB FB SERVICE
                                                              DI IN ROOM DINING
                                                        JW MARRIOTT JAKARTA

                                                                KARYA TULIS

            Diajukan untuk memenuhi Tugas Kurikulum Pendidikan Tinggi dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Kelulusan Tahun
                                                                    2012/2013




                                                                  Disusun Oleh :
                                                     Nama                  :   Muh Yannuar
                                                     NIM                   :   
                                                     Tahun Pelajaran   : 2012/2013


                                                             Akademi Perhotelan
                                         NATIONAL HOTEL SCHOOL JAKARTA


                                     Jl. Tarumanegara No. 37-39 Pisangan Ciputat 15419
                                     Telp : (+62-21) 747-01515 Fax : (+62-21) 712-34190
                                                                  Jakarta Selatan

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>




..............................................................................................................................................





                                                            KATA PENGANTAR

    Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Atas rahmat dan karuniaNYA yang telah dianugerahkan kepada saya sebagai penulis, sehingga karya tulis ini terselesaikan dengan baik.

job trainiing merupakan salah satu persyaratan mengikuti Ujian Akhir Kelulusan di National Hotel School Jakarta.
    Dalam pembuatan karya tulis ini bukanlah usaha penulis sendiri melaingkan atas bantuan banyak pihak, maka pada kesempatan kali ini izinkanlah penulis mengungkapan rasa terimakasih serta penghargaan kepada :
1. Orang Tua tercinta yang telah memberikan dukungan moral dan spiritual serta materi yang tak terhingga.
2. Bapak A. Jaya Rajasa, SE,MM. sebagai Direktur Akademik National Hotel School Jakarta.
3. Ibu Mayasarie, SeE. Sebagai Manager Operasional National Hotel School Jakarta.
4. .............. Sebagai Training Manager JW Marriott Jakarta.
5. .............. Sebagai In Room Dining Manager  JW Marriott Jakarta.
6. .............. Sebagai Assistant Manager In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
7. .............. Sebagai Supervisor In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
8. .............. Sebagai Captain In Room Dining  JW Marriott Jakarta.
9. Rekan - rekan Waiter/waitress dan Staff Hotel yang lain yang tidak disebutkan satu persatu namanya namun atas jasa mereka semua, penyusun memperoleh begitu        banyak ilmu dan juga ikut membantu hingga terselesaikannya karya tulis ini.
10. Teman - teman Kampus yang ikut membantu hingga terselesaikannya karya tulis ini.
    Dengan harapan semoga Allah SWT membalas kebaikan orang-orang yang telah membantu saya dalam pembuatan karya tulis ini. Penulis masih menyadari bahwa dalam karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penulis mohon kiranya pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang positif. semoga karya tulis ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan para pembaca pada umumnya.


                                                                                                                              Wassalam,


                                                                                                                                 Penulis
                                                                     i
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
                                                             LEMBAR PENGESAHAN

                Karya tulis ini telah diperiksa dan siap untuk diujikan pada :
 Hari         :
 Tanggal    :

                                                               DOSEN PEMBIMBING
                                                               TEKHNIS DAN MATERI




                                                           Ir. Hj. Nurul Candrasari SE,MM


                    PENGUJI I                                                                              PENGUJI II




                     ................                                                                                ..................


                                                                        Mengetahui,
                                                 Direktur Akademik National Hotel School





                                                               A. Jaya Rajasa SE,MM


                                                                                ii

-------------------------------------------------------------------------------------

Pembatas

-------------------------------------------------------------------------------------

                                                                            BAB I


                                                                  PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang


    Pariwisata dan Perhotelan merupakan dua hal yang saling terkait dan merupakan akomodasi yang memberikan pelayanan berupa kenyamanan dan ketenangan sehingga tamu merasa mendapatkan pengalaman lebih dari sebuah tempat tinggal dalam hal ini adalah hotel

    Praktik Kerja Nyata adalah suatu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i pada semester yang telah ditentukan oleh program studi masing-masing sebagai salah satu syarat untuk dapat melanjutkan studi ke tahap atau semester yang yang lebih tinggi. Pelaksanaan Praktek kerja Nyata ini disesuaikan dengan bidang studi yang ditekuni oleh setiap mahasiswa/i

  dalam program kali ini, penulis mempunyai kesempatan untuk melakukan pelaksanaan Praktik Kerja Nyata disalah satu hotel berbintang di Jakarta, yaitu Hotel JW Marriott Jakarta yang berlokasi di .................................... Terhitung mulai dari tanggal 18 Juli 2012 sampai 18 Januari 2012 penulis melakukan Praktik Kerja Nyata di Hotel tersebut dan dilaksanakan di Food and Beverage Department.


1.2 Pentingnya Penulisan Laporan

    Dengan disusunnya laporan ini, penulis sangat berharap pengalaman dan ilmu yang telah penulis peroleh selama melaksanakan program Praktik Kerja Nyata dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan penulis khususnya di bidang Pariwisata khususnya dibidang Perhotelan dan mudah -mudahan penulis dapat mengaplikasikan kelak di dunia kerja yang sesungguhnya.

1.3 Penjelasan Praktik Kerja Nyata

     Program Praktik Kerja Nyata ini berlangsung selama enam bulan terhitung mulai tanggal ........................... sampai ......................... Dalam Prtaktik Kerja Nyata ini penulis berkesempatan untuk bekerja di Food and Beverage Department yaitu In Room Dining yang jam kerjanya terbagi sebagai berikut :
a. Shift Morning
......................

b. Shift Middle
.....................

c. Shift Afternoon
......................

d. Shift Night
.....................

1.4 Tujuan Penulisan Laporan

1.4.1 Tujuan Formal

  Sebagai salah satu syarat akademis untuk menyelesaikan kelengkapan program Praktik Kerja Nyata yang dilaksanakan pada semester empat untuk program Diploma II di National Hotel School Jakarta. Dalam hal ini penulis mencoba membuat laporan berdasarkan data-data dan pengalaman yang telah penulis peroleh selama melaksanakan Praktik Kerja Nyata di Hotel JW Marriot Jakarta.

1.4.2 Tujuan Operasional

    a. Menambah wawasan dan pengetahuan penulis
    b. Para mahasiswa-mahasiswi dapat langsung mempraktikkan teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel dimana mereka praktik
    c. Dapat meningkatkan kemampuan diri
    d. Serta menambah pengalaman dan cara bekerja sama sesama team

1.5 Sistematika Penulisan Laporan
       
      Laporan Praktik Kerja Nyata ini penulis sajikan kedalam empat bab, adapun sistematikanya sebagai berikut :
    a. Bab Pertama
        
        merupakan pendahuluan yang mengemukakan latar belakang, pentingnya penulisan laporan Praktik Kerja Nyata, serta sistematika penulisan laporan.

    b. Bab Kedua

       Merupakan suatu tinjauan umum mengenai Hotel JW Marrott Jakarta Yang meliputi Sejarah, Peta Lokasi Hotel, Klasifikasi Hotel, Sarana dan Fasilitas Hotel, dan Struktur Organisasi Hotel.

    c. Bab Ketiga

        Merupakan  isi laporan yang mencakup ruang lingkup pekerjaan selama melaksanakan Praktik Kerja Nyata, yang meliputi Tugas dan Teknik Operasional dari kegiatan yang dilakukan selama training di Food and Beverage Department.

    d. Bab Keempat

         Berisi kesimpulan dan saran-saran kepada pihak hotel yang menyangkut masalah dan hambatan pada saat pelaksanaan Praktik Kerja Nyata.

--------------------------------------------------------------------------------
Pembatas
--------------------------------------------------------------------------------


                                                                            BAB II


                                   TINJAUAN UMUM HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA



2.1 Sejarah Hotel JW Marriott Jakarta

JW Marriott Jakarta Hotel, sebuah hotel mewah yang berada di lokasi komersil yang baru, berdekatan dengan pusat belanja, hiburan dan pusat makanan. Para tamu akan sangat menyukai lokasi yang sangat bagus ini dimana terletak banyak gedung bisnis utama. Bandara international hanya 30 menit.dan juga dapat menikmati panorama kota. Restoran menyediakan beberapa makanan terbaik dan pilihan yang terkemuka. JW Marriott Jakarta Hotel adalah hotel yang ideal bagi mereka yang mendambakan keindahan, kemewahan dengan fasilitas modern.

    - Pada Tahun .....
    - Pada Tahun .....
    - Pada tahun ......
2.2 Produk - produk  JW Marriott Jakarta adalah sebagai berikut :

Fasilitas Hotel
TersediaTidak Tersedia
Fasilitas
bar tepi-kolam
bar/pub
binatang peliharaan diperkenankan
coffee shop
concierge
fasilitas orang cacat
fasilitas rapat
kasino
klub malam
kotak penyimpanan aman
lantai eksekutif
layanan antar jemput
layanan kamar
layanan kamar 24 jam
layanan laundry/dry cleaning
lift
penitipan bayi
pusat bisnis
restoran
ruang keluarga
ruang merokok
salon
sewa sepeda
toko
transfer bandara/hotel
tur
wi-fi di tempat-tempat umum
Olahraga dan Rekreasi
fasilitas golf (lokasi bisnis)
gym/fasilitas kebugaran
jacuzzi
klub anak
kolam (anak)
kolam renang (dalam ruangan)
kolam renang (luar ruangan)
lapangan golf (dalam 3 km)
lapangan squash
lapangan tenis
olahraga air (bermotor)
olahraga air (tak-bermotor)
pantai privat
pemandian air hangat
pijat
ruang permainan
ruang uap
sauna
spa
taman
Internet dalam Kamar
akses internet
internet (biaya dikenakan)
internet (gratis)
internet (wireless)
internet wireless (biaya dikenakan)
internet wireless (gratis)
Tempat parkir mobil
parkir valet
tempat parkir mobil

...................................................
2.3 Peta Lokasi dan Alamat  JW Marriott Jakarta
......................................
2.4 Klasifikasi Hotel
    - Jumlah dan Jenis Kamar


Guest Rooms

297 kamar & 36 suite menawarkan tempat tidur baru mewah dengan mewah bawah selimut & katun kaya linen
Luar biasa besar akomodasi bintang 5 yang kaya ditunjuk untuk menawarkan kenyamanan maksimal & kenyamanan
Luas kamar Deluxe: 42 meter persegi dengan langit-langit 3,3 m, terpisah mandi dan mandi
Upgrade ke tingkat eksekutif, dengan lounge pribadi, ruang rapat & pelayan
Kecepatan tinggi akses Internet, 37-inch layar datar TV satelit, 2-saluran telepon dengan pesan suara
Laptop yang aman, pengering rambut, mini-bar, di kamar kopi / teh, 24-jam layanan kamar & malam turndown


  • Deluxe Guest Room



  • Suite

  • Presidential Suite



.............................................
    - Room Rate
............................................
2.5 Sarana dan Fasilitas Restaurant dan Bar

  • Sailendra Restaurant (city's best buffet, lobby level) 


Dikenal sebagai prasmanan terbaik di kota ini, Sailendra memiliki dapur terbuka & stasiun memasak langsung yang menyajikan masakan dari seluruh Asia, spesialisasi Barat dan makanan penutup yang mewah. Berjalan-gudang anggur menawarkan beberapa anggur terbaik di dunia. Buka untuk sarapan, makan siang dan makan malam.
  • Asuka Japanese Dining  (Japanese, lobby level)

Sangat segar, masakan khas Jepang disajikan dengan indah, dari omakase unik untuk sushi yang terbaik di kota. Terbuka untuk makan siang dan makan malam.
  • Pearl Chinese Restaurant  (2nd floor) 

kecerdikan masakan tradisional dengan hidangan indah siap di restoran kontemporer.
  • Blu Martini (bar & lounge, lobby level) 


  • CakeBox (lobby atrium) 


Tempat yang sempurna untuk pertemuan, atau hanya untuk Bersantai setelah jam kerja. Berbagai pilihan minuman jenis martini dan musik profesional , Senin sampai Sabtu mencerminkan tren saat ini dan dapat dinikmati dengan teman atau kolega


...........................................

    - Fasilitas lain yang terdapat di luar Food and Beverage Depatment
        - Business Center
        Fasilitas yang menyediakan service untuk menunjang keperluan bisnis dan office seperti internet, computer, meeting room serta secretarial service seperti pengetikan maupun faxes dokumen, fotocopy dan lain-lain.

  •       Alameda Spa


Outdoor area dengan slide, taman dan kolam renang

  • Body scrub
  • Body wrap
  • Facials
  • Fitness counseling
  • Foot bath
  • Manicures/pedicures
  • Massages
  • Plunge pools
  • Steam room
  • Therapy baths
  • Waxing

        .......................................
        - Laundry - House Keeping Department
        Departmen ini bertugas untuk menangani pencucian pakaian tamu dan seragam karyawan ( laundry), serta menjaga kebersihan dari area hotel seperti daerah lobi, koridor, lift, lift tamu, toilet, tangga - tangga, restaurant, funcion room di banquet, ruang kantor, area parkir, kamar - kamar dan lainnya. house keeping Departmen juga bekerjasama dengan front office untuk memberikan informasi tentang kamar yang tersedia maupun tidak

2.6 Struktur Organisasi Hotel

Personalia Secara Keseluruhan di Hotel
1. General Manager
.........................
2. Residen Manager
................
3. Director of Food and Beverage
........................
4. Assistant Food and Beverage Director
.......................
5. Outlet Manager
.........................
6. Assistant Outlet Manager
.................................

.............................................................................................................................
Pembatas
............................................................................................................................

                                                                           BAB III



                        KEGIATAN OPERASIONAL DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT

In Room Dining adalah sistem pelayanan terhadap tamu hotel yang mana makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu akan diantar dan dinikmati di dalam kamar.


3.1 Pembagian Jam Operasional beserta Harga
..................................
3.2 Pembagian Jam Kerja
.................................
3.3 Pembagian Shift dan Job Desciption
    3.3.1 Morning Shift
    ...........................
    3.3.2 Middle Shift
    ..........................
    3.3.3 Afternoon Shift
    .........................
    3.3.4 Night shift
    .............................
3.4 Struktur Organisasi In Room Dining dan Fungsinya

Defenisi Room Status

System komputerisasi yang dipergunakan dalam operasional hotel bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah proses operasi suatu hotel, yaitu teknologi komputerisasi yang mampu menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan cara-cara konvensional sehingga pengelolaan hotel menjadi lebih mudah, simple dan minimal kesalahan
Software Hotel banyak di kempangkan oleh ahli-ahli IT yang satu sama lain mempunyai kelebihan masing masing dengan harga yang bervariasi. Software hotel seharusnya memberikan solusi bagi semua kebutuhan operasional suatu hotel. Beberapa hotel software yang terkenal dan banyak dipergunakan adalah opera, Fidelio,Myoh, His, dan lain-lain.
Pada tulisan ini, pembahasan yang dibuat merupakan istilah- istilah umum yang sering dipakai dalam operasional hotel mengenai code dan pengertian dari room status, antara lain:

Code
Description
Remarks
O
Occupeid
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel.
OC
Occupeid Clean
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang bersih
OD
Occupeid Dirty
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang kotor. Ini terjadi akibat perubahan status dari OC ke OD setelah melewati satu malam stay.
V
Vacant
Sebutan bagi kamar yang kosong
VC
Vacant Clean
Kamar yang kosong dengan keadaan bersih
VD
Vacant Dirty
Kamar yang kosong dengan keadaan kotor. kamar kotor dapat terjadi karena tamu yang sudah check out atau program cleaning dari housekeping.
VCI
Vacant Clean Inspected
Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh floor supervisor dan siap untuk menerima tamu (dijual)
Comp
Compliment
Kamar yang terigester oleh seorang tamu, namun kamar tersebut free of charge (gratis)
HU
House Use
Kamar yang teregister atas nama seseorang dari manajemen atau karyawan yang dipergunakan sebagai tempat tinggalnya.
DND
Do not Disturb
Suatu tanda yang dibuat oleh tamu untuk tidak diganggu.
SO
Sleep Out
Seorang tamu yang masih teregister, namun kamar tidak dipergunakan karena tamu tesebut harus meninggalkan hotel beberapa hari.
Skip
Skipper
Tamu meninggalkan hotel sebelum melunasi semua kewajibannya
OS
Out of Service
Kamar yang memerlukan perbaikan ringan, biasanya lama perbaikan kurang dari satu hari, status ini dapat terjadi karena kerusakan atau program cleaning dari housekeeping. Out of service tidak mengurangi room availability.
OO
Out of Order
Kamar yang memerlukan perbaikan yang serius, biasanya lama perbaikan lebih dari satu hari. Status ini dapat terjadi karena kerusakan di kamar atau progam cleaning dari housekeeping. Out of order mengurangi room availability.
DO
ED
Due Out / Expected Departure
Daftar kamar-kamar yang diharapkan untuk check-out hari ini sesuai dengan tanggal departure
EA
Expected Arrival
Daftar nama-nama tamu yang diharapkan tiba hari ini
CO
Check Out
Tamu yang sudah meninggalkan hotel hari ini setelah melunasi semua kewajibannya termasuk menyerahkan kunci yang dipakai ke front office
LCO
Late Check Out
Permintaan tamu untuk meninggalkan hotel lebih lambat dari waktu check out yang ditentukan.
ONL
Occupeid no Luggage
Seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.
DL
Double Lock
Permintaan tamu ke pihak hotel untuk melakukan double lock sehingga tidak seorangpun dapat masuk ke kamar tersebut.


............................................
    - Fungsi dan Tanggung Jawab setiap Jabatan di In Room Dining

  •      Manager
  1. Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional 
  2. Bertanggung jawab atas motivasi dan kerja sama atas seluruh staff
  3. Mengontrol biaya dan pengeluaran 
  4. Memperkirakan keuntungan dan pengeluaran
  5. Memelihara menu dan harga
  6. Kinerja kerja bawahan 
  7. Hubungan umum, rencana pemasaran dan mengorganisir acara
  8. Menjaga hubungan baik dengan tamu
  9. Membuat jadwal cuti dan mingguan
  •     Assistant Manager
  1. Bertanggung jawab apabila Manager berhalangan hadir
  2. Membantu atas motivasi team dan kerja sama seluruh staff
  3. Memelihara standar pelayanan dan produk
  4. Membantu memelihara dan mengontrol pengeluaran dan pemasukan 
  5. Membantu permintaan barang-barang kebutuhan general dan dry store
  6. Menjaga hubungan baik dengan tamu
  7. Mengisi sistem administrasi 
  8. Membantu dan membuat jadwal cuti dan mingguan
  9. Menjaga dan mengawasi peralatan dan perlengkapan operasional 
    •     Captain
    1. Mengontrol standar service dan produk
    2. Memelihara mengenai tugas dan tanggung jawab
    3. Membantu dan mengontrol perbaikan dan pemeliharaan 
    4. Membantu dalam pengontrolan perlengkapan operasional 
    5. Membantu dalam pelatihan dan pengembangan
    6. Membantu dalam pengontrolan linen dan seragam
    7. Membantu dalam mengontrol barang dan kebutuhan general dan dry store
      •     Waiter/ress
      1. Melayani dan menyajikan makanan dan minuman, memberikan pelayanan yang profesional agar memaksimalkan kepuasan tamu
      2. Mempersiapkan Mise en place
      3. Memberikan standar tinggi dan kecepatan pelayanan
      4. Memastikan bahwa area service bersih setiap waktu
      5. Mengetahui dan memahami akan pengetahuan makanan dan minuman yang ada di menu
       The GOOD waiter/s needed
      1. Good knowledge
      2. Good skill and Good communication
      3. Friendly attitude but still polite
          3.5 Standart Operational Procedure
              3.5.1 Room Service Sequence
          3.6 Training Program yang di Dapat
              - Orientasi Umum
              ...........................
              - Penampilan
              ..........................
              - Orientasi Outlet
              ..........................
              - Bagaimana Cara ............
              - Gambar Set Up Tray and Trolly

          CONTOH PERCAKAPAN SEDERHANA DI DALAM UP SELLING

          ---------------------------------------------------------------------------------
          Pembatas
          ---------------------------------------------------------------------------------
                                                                                  BAB IV


                                                                 KESIMPULAN DAN SARAN



          4.1 KESIMPULAN 


            Program Praktik Kerja Nyata yang berlangsung selama enam bulan ini sangatlah bermanfaat dan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi penulis, baik di bagian Food and Beverage Department yang merupakan salah satu department yang penting di sebuah hotel dan salah satu alat atau fasilitas hotel yang dapat menunjang peningkatan pendapatan hotel.
            Selama enam bulan tersebut telah banyak pengetahuan baru yang penulis dapatkan terutama sebagai seorang trainee yang dapat berhubungan langsung dengan tamu, baik tamu dalam negeri maupun luar negeri. Penulis juga dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan pelayanan baik kepada tamu dan dapat memenuhi kebutuhan yang tamu inginkan, sehingga dapat merasakan bahwa dirinya sangat spesial.
            Penulis dapat memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang kelancaraan pekerjaan kita. Selain dari pada itu penulis pun dituntut untuk mempelajari beberapa hal yang sifatnya fleksible dalam memberikan pelayanan kepada tamu yang harus sesuai dengan ketetapan dan peraturan yang telah hotel terapkan.

          4.2 SARAN


          Selama melakukan Program Praktik Kerja Nyata, penulis masih mempunyai banyak kekurangan yang masih harus diperbaiki, karena tidak langsung dapat menghambat jalannya operasional hotel di Food and Beverage Department.

            Saran-saran yang penulis usulkan antara lain :
          1. Peningkatan sumber daya manusia yang salah satu caranya adalah diadakan  seleksi perekrutan karyawan baru, sehingga dapat menunjang kualitas pelayanan kepada tamu.
          2. Diadakan training program untuk seluruh karyawan mengenai standar dan prosedur yang benar sesuai kualitas hotel
          3. Pemenuhan kelengkapan peralatan ataupun fasilitas kerja yang sangat mempengaruhi kelancaran pada saat operasional berlangsung.
          4. Meningkatkan citra hotel yang baik dimata umum
          5. Memberikan pemahaman kepada karyawan akan pentingnya komunikasi demi kelancaran kooperasional.
          6. Meningkatkan standar atau kualitas pelayanan yang diberikan hotel seperti memberikan pelayanan yang maksimalkan kepada tamu.
          7. memberikan pengetahuan yang lebih luas di bidang industry perhotelan kepada para trainee yang dapat menunjang mereka agar dapat mengetahui secara luas tentang dunia pariwisata khususnya dunia perhotelan.

          ---------------------------------------------------------------------------------
          Pembatas
          ---------------------------------------------------------------------------------
                                                                                     BAB V



          5.1 PENUTUP


              Suatu anugrah yang penulis rasakan ketika penulis menyelesaikan praktik kerja nyata selama enam bulan di hotel JW Marriott Jakarta dengan lancar dan baik, serta dapat menyelesaikan penulisan laporan Praktik Kerja Nyata.
              Penulis telah menyelesaikan penyusunan Praktik Kerja Nyata ini, Namun Penulis Menyadari Bahwa Masih banyak memiliki kekurangan. Dan penulis sangat berharap kepada pembaca agar dapat memakluminya.
              Penulis mengharapkan agar laporan ini dapat berguna dan memberikan dampak yang baik bagi penulis sendiri, terlebih bagi para pembaca khususnya, baik masa sekarang maupun yang akan datang


          ----------------------------------------------------------------------------------------
                                                             LAMPIRAN MENU DAN DENAH






             

          Tidak ada komentar:

          Poskan Komentar